Pengembangan Perpustakaan

Ketika duduk di setasiun bis, di gerbong kereta api,

di ruang tunggu praktek dokter anak, di balai desa,
kulihat orang-orang di sekitarku duduk membaca buku,
dan aku bertanya di negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika berjalan sepanjang gang antara rak-rak panjang,
di perpustakaan yang mengandung ratusan ribu buku
dan cahaya lampunya terang benderang,
kulihat anak-anak muda dan anak-anak tua
sibuk membaca dan menuliskan catatan,
dan aku bertanya di negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika bertandang di sebuah toko,
warna-warni produk yang dipajang terbentang,
orang-orang memborong itu barang
dan mereka berdiri beraturan di depan tempat pembayaran,
dan aku bertanya di toko buku negeri mana gerangan aku sekarang,

Ketika singgah di sebuah rumah,
kulihat ada anak kecil bertanya pada mamanya,
dan mamanya tak bisa menjawab keinginan-tahu puterinya, kemudian
katanya,
“tunggu, tunggu, mama buka ensiklopedia dulu,
yang tahu tentang kupu-kupu,”
dan aku bertanya di rumah negeri mana gerangan aku sekarang,

Agaknya inilah yang kita rindukan bersama,
di setasiun bis dan ruang tunggu kereta-api negeri ini buku dibaca,
di perpustakaan perguruan, kota dan desa buku dibaca,
di tempat penjualan buku laris dibeli,
dan ensiklopedia yang terpajang di ruang tamu
tidak berselimut debu
karena memang dibaca.

(KUPU-KUPU DI DALAM BUKU, Taufiq Ismail, 1996)

Saya menemukan puisi itu beberapa tahun lalu. Di saat saya sedang memberikan pelatihan pengembangan perpustakaan, seorang pemateri lainnya menyodorkan puisi itu kepada saya. Kami sama-sama membayangkan apa yang Taufik Ismail bayangkan dalam puisinya itu.

Sambil membayangkan itu semua, saya membayangkan pula bagaimana orang-orang yang jauh dari akses perpustakaan, atau sumber informasi lainnya. Belum selesai membayangkan bagaimana orang yang jauh dari akses ke perpustakaan, muncul pula bayangan dari perpustakaan-perpustakaan yang belum terkelola dengan baik selama ini.

Belum habis bayangan itu semua, saya berhenti disadarkan keadaan. Untuk kemudian menuliskan rencana-rencana. Rencana-rencana ternyata juga hanya bayangan saja. Saya mencoba sedikit lebih realistis, hingga akhirnya terlahirlah sebuah keinginan:

Saya ingin memaksimalkan manfaat ilmu yang telah saya pelajari selama ini, yaitu Ilmu Perpustakaan. Ada keinginan untuk mengamalkan ilmu yang saya pelajari itu secara luas kepada berbagai lapisan masyarakat. Ada keyakinan bahwa dengan mengamalkan ilmu secara luas akan juga menambah luas ilmu saya ke depan.

Karena itu, siapa pun yang membutuhkan bantuan berupa jasa konsultasi dalam usaha mencerdaskan masyarakat melalui pengembangan perpustakaan atau taman baca, dengan senang hati saya akan turut serta membantu. Anda dapat menghubungi saya melalui:

e-mail: sacafirmansyah@gmail.com / muh.firmansyah@yahoo.co.id

Pin BB: 54AD6391

WhatsApp/Line: 0813 8861 4955

11 Comments Add yours

  1. ASSALAMUALAIKUM: salam kenal ni dari web blok..Kecamatan Pantar Barat Laut,,,,,moga situs ini bermanfaat,,,,amin
    nanti cob a kunjungi di situs kami…maaf mas tadi kopas : da’i kondang alor di tempat mas,,,,,kalo mau kunjungi SILAKAN : https://ahmadshoffa.wordpress.com/

  2. Isa Thoriq says:

    mas, ada facebook nya g? salam kenal dari semarang

    1. sacafirmansyah says:

      Salam kenal juga mas Thoriq.. wah, maaf mas, gak ada facebooknya.. ya, saya pikir untuk sementara ini dengan e-mail sudah cukup. tapi, kemungkinan nanti saya akan meminta rekan saya untuk membuat akun facebook dan aktif di dalamnya agar rekan-rekan pustakawan yang aktif di facebook dan membutuhkan bantuan juga bisa kami layani. terimakasih dan salam!

  3. Arif Setiawan says:

    aslmkm mas saca firmansyah..salam kenal dari sayA di Samarinda..saya mau tanya mas, daftar referensi Pak Hamijoyo itu koq ga ada ya mas..daftar pustakanya? mohon bantuan nya ya mas..terima kasih sebelumnya

  4. Azzah says:

    Assalamualaikum.

    Mas,
    Saya dari Malaysia, saya mahu mohon bantuan mencarikan buku2 berkaitan Perpustakaan Masjid yang saya pasti ada banyak di Indonesia. Setakat ini saya telah ada 3 buah buku terbitan BPPMI dan 2 buah buku lain tulisan Lasa & 1 lagi saya lupa.

    Mohon maklum balasnya ya. Terima kasih.

    1. Wa’alaikum salam Ibu Azzah, sampai sekarang saja juga baru memiliki buku dari Prof. Lasa dan dari BPPMI memang menerbitkan juga buku-buku panduan pengembangan perpustakaan masjid.

      Insyaallah kalau saya dapatkan buku baru saya akan informasikan kepada Ibu. Mohon maklum terlalu lama balasnya. Terima kasih.

      1. Azzah says:

        Terima kasih. Saya sudah cuba mencari buku-buku seperti ini di Gramedia, tapi tidak ditemukan.
        Apakah BPPMI ini masih aktif?

  5. mas.. saya mau tanya, untuk bukunya hamijoyo yang tahun 2007 itu judulnya apa ya mas?
    saya minta informasinya ya mas.. soalnya saya sedang nulis skripsi tentang partisipasi masyarakat dan kebetulan buka blognya mas Saca. Cukup banyak yang bisa diperoleh, tapi kalau saya bisa dapet bukunya lbh baik lagi. Makasih bantuannya mas. Mohon direspon.

    1. Pengertian partisipasi dari Hamijoyo sebenarnya telah diungkapkan lewat berbagai buku dan artikel serta materi seminar sejak awal tahun 70-an. Terutama yang berkaitan dengan isu Keluarga Berencana Nasional, dll. Namun demikian, saya agak lupa rujukan yang saya gunakan dalam penulisan tentang partisipasi masyarakat di dalam blog saya ini. Tapi kalau tidak salah itu bukanlah rujukan langsung dari buku karya Hamijoyo. Coba Mas Arif dan Mba Gustin baca rujukan ini: Abu Huraerah. 2007. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

      Atau baca juga rujukan ini:

      Hamijoyo, Santoso, S. dan A. Iskandar. 1974. Partisipasi Masyarakat, Seminar Pembangunan Kabupaten Bandung Dalam Sosiologi Pembangunan. Bandung.

      Hamijoyo, Santoso, S. dan A. Iskandar. 1974. Beberapa catatan tentang partisipasi masyarakat. Dep. P. dan K., Badan Pengembangan Pendidikan. Jakarta.

      Sebenarnya ada banyak tulisan dari Hamijoyo di Perpustakaan Nasional, sayangnya agak susah dicari secara online. Tapi kalian bisa lihat hasil penelusurannya di link ini: Katalog Online Perpustakaan Nasional RI

      Atau bisa juga cek di Katalog Online Perpustakaan Nasional negara tetangga berikut:
      catalogue.nla.gov.au

      Selanjutnya kalian bisa cari buku-buku tersebut melalui pendekatan judul buku yang kalian dapatkan ke perpustakaan kampus, daerah, ataupun di Perpustakaan Nasional RI dengan berkunjung langsung. Selamat berkarya, Mas Arif dan Mba Gustin..:)

  6. Eka Imam Aminuddin says:

    Mas, Kami ingin sekali di kampung saya ada perpustakaan. Kebetulan ada sedikit tanah yang dapat dibangun untuk itu.. Bisa memperoleh rujukan kami harus kemana ???

    1. sacafirmansyah says:

      Kampungnya di mana Mas Eka? Berapa luas tanahnya? Berapa banyak penduduknya (kalau ada jumlah laki-laki, perempuan, anak-anak dan remajanya)?
      Sebaiknya bentuk kepanitiaan lokal terlebih dahulu, jika memungkinkan bangun keswadayaan warga setempat untuk membangun perpustakaan, seperti layaknya gotong royong dalam pembangunan musholla atau masjid.
      Setelah itu buat proposal disertai keterangan kepala kampung dan kepala desa, untuk diajukan ke dinas pendidikan setempat dan/atau perpustakaan umum daerah setempat agar mendapatkan pembinaan dari pihak pemerintah.
      Setahu saya anggaran dari Perpustakaan Nasional untuk pengembangan Perpustakaan Masyarakat atau Taman Bacaan Masyarakat diserahkan kepada Perpustakaan Umum Daerah.
      Mas Eka juga dapat mengajukan proposal ke perusahaan-perusahaan terdekat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan.
      Mungkin itu saja Mas Eka. Tapi yang saya ingin tekankan, bangun keswadayaan masyarakat sekitar terlebih dahulu, baru kemudian minta pembinaan dari pemerintah atau mereka yang peduli pada pengembangan literasi tanah air.
      Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s