Bangkitkan Umat, Segera Bertaubat!

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. At Tahrim : 8)

Serangan musuh-musuh Islam untuk menyesatkan umat manusia dari jalan yang lurus benar-benar telah membuat manusia lupa diri. Kebanyakan manusia saat ini telah tenggelam dalam dosa dan kemaksiatan. Mereka melupakan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam menjalani kehidupan sehingga Allah pun membuat mereka lupa akan diri mereka sendiri. Banyak sekali godaan yang memantik nafsu jahat manusia untuk melakukan kemaksiatan dan mendukung kesesatan. Di sisi lain banyak pula penghalang manusia untuk melakukan kebajikan yang Allah Swt perintahkan.

Lihatlah apa yang terjadi dewasa ini, beragam cara digunakan untuk menghalangi manusia dari jalan Allah yang lurus. Manusia dibuat lupa diri, dicuci otaknya melalui media dan perangkat canggih yang dapat dibaca, didengar (audio), dan disaksikan (visual). Penyakit anti-Tuhan semacam sekulerisme dan liberalisme, dengan kekuatan modal dan penguasaan media, berhasil membuat manusia menjauhi agamanya. Keburukan disajikan sedemikian hingga sehingga dianggap sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja, bahkan sesuatu yang harus diikuti. Sementara kebenaran dicibir, kolot, dan layak ditinggalkan, cukup teronggok di dalam rumah ibadah saja. Mereka mengajak kepada keduniawian, melupakan maut dan perhitungan akhirat, neraka dan surga, dan melenakan diri dari mengingat Allah Yang Maha Mengetahui.

Banyak sekali kita temui, mereka yang mengaku muslim namun meninggalkan shalat dan mengikuti hawa nafsu. Melanggar janji dan melewati batas-batas yang telah digariskan oleh Allah Swt. Dengan tenang mereka memakan harta sesama manusia secara batil, tidak memperdulikan lagi dari mana harta yang ia dapatkan; dari barang dan cara yang halal atau haram. Tak jarang mereka melakukan kejahatan umat-umat terdahulu; menyimpangkan ayat-ayat Allah dan memaknainya menurut hawa nafsunya semata.

Karena itu, umat Islam harus dibangitkan dari mabuk dunia yang menyimpangkannya dari jalan yang lurus. Segenap kita harus bahu membahu di jalan dakwah yang terjal ini; sungguh, manusia sangat memerlukan orang yang memberi peringatan kepada segenap mereka. Mari segera bertaubat, sebelum datang hari yang padanya tidak bermanfaat lagi harta dan sanak keluarga, kecuali mereka yang datang kepada Allah Azza wa Jalla dengan hati bersih.

Allah selalu menghimbau kita untuk kembali pada keredhaan-Nya. Kembali kepada jalan yang lurus dan benar, yaitu jalan Tauhid, jalan Islam. Ayat di atas adalah perintah yang tegas dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada seluruh kaum mukminin untuk bertaubat kepada Allah dan tidak mengecualikan seorangpun dari mereka. Oleh karena itu, hendaknya seluruh kaum mukminin berusaha sekuat tenaga untuk selalu bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya. [fms]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s