Lomba Ngaduk Dodol Betawi

***

Dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta Ke-486, warga Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Lomba Ngaduk Dodol di Lapangan RW 05 pada Ahad, 23 Juni 2013. Acara ini diikuti oleh seluruh RW yang ada di Kelurahan Kebagusan, sedangkan Juri didatangkan dari wilayah Pejaten, Pasar Minggu.

Menurut H. Muhdas, S.Ip, Ketua LMK sekaligus sebagai sponsor utama Lomba Ngaduk Dodol, acara ini ditujukan untuk melestarikan salah satu tradisi dari Budaya Betawi, yaitu tradisi Ngaduk Dodol.

Tradisi Ngaduk Dodol, menurut H. Muhdas, memiliki nilai yang sangat baik karena kental dengan semangat kekompakan dan kekeluargaan. Namun demikian, sangat disayangkan tradisi ini sudah hampir hilang karena kecenderungan masyarakat yang saat ini ingin serba praktis.

Untuk itu, H. Muhdas berharap agar melalui kegiatan ini, tradisi Ngaduk Dodol yang sarat dengan nilai kekeluargaan dan dapat memperkokoh tali silaturahmi warga masyarakat, khususnya warga Betawi dapat terus dijaga dan dilestarikan.

Sementara itu, Bpk. Turmin, Ketua RW 05 dan juga peserta lomba, menyambut baik acara ini. Karena menurutnya tradisi Ngaduk Dodol memang seperti sudah ditinggalkan oleh warga Betawi. Hal ini menurutnya bisa dikarenakan oleh biaya yang semakin mahal dalam membuat dodol dan juga prosesnya yang melelahkan.

Padahal, menurut Bpk. Turmin, tradisi Ngaduk Dodol dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kekompakan dalam ikatan keluarga Betawi, karena Ngaduk Dodol membutuhkan banyak orang dan tidak hanya dilakukan oleh pihak perempuan, tetapi juga oleh pihak laki-laki yang harus saling mendukung dalam proses pembuatannya.

Selain Lomba Ngaduk Dodol, acara ini juga dimeriahkan dengan Lomba Panjat Pinang dan acara makan Gado-gado Betawi bersama-sama peserta. (firmansyah)

One Comment Add yours

  1. Aba Mardjani says:

    Coba saya bacanya Sabtu, Insya Alloh nonton tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s