Bahagia itu Kemampuan Untuk Bergembira!

Ada-ada saja pandangan teman saya terhadap saya. Sebut saja Efendi, dia bilang kok saya orangnya santai banget sih.  Jalan-jalan sudah kemana-mana padahal honor nulis kagak seberapa. Ketemu di kantor senyum melulu, ketawa melulu walaupun tanggal tua, kayaknya seneng terus hidupnya. Ada tekanan gak ada tekanan, ada duit gak ada duit sama aja. Terus senyum dan tertawa walaupun akhirnya bikin sebel juga.
Menanggapi itu, saya sebenernya sederhana saja sekarang, kalau ada kerjaan ya dikerjain, jangan dipikirin doang. Gak tahu ya tanya, cari tahu. Gak bisa ya minta bantuan, sambil sedikit-sedikit ikut belajar. Gak perlu diambil pusing.
Soal duit yang selalu pas-pasan. Ya, saya memang begitu adanya. Ada banyak ya dibagi-bagi, gak ada ya dicari. Kalau perlu minjem dulu asal jangan lupa diganti. Sederhana saja. Dan kalau ada waktu liburan jangan lupa buat jalan-jalan. Biar luas pengalaman buat bekal kehidupan. Dapatkan kawan, bikin kegembiraan, bahagia bersama-sama.
Lagipula, kita menjadi kaya atau miskin tidak karena uang, tetapi karena kemampuan kita untuk bergembira. Seperti ditulis Anthony de Mello SJ, dalam Doa Sang Katak 2   halaman 79, “Berjuang keras untuk mencari kekayaan dan tidak mempunyai kemampuan untuk bergembira sama dengan orang botak yang berjuang untuk mengumpulkan sisir.” Hahaha.. hidup dalam kesia-siaan yang tidak disadari.
***
Ah, tapi sebenarnya saya juga sering gelisah dalam malam-malam saya. Memikirkan mimpi-mimpi saya yang seperti semakin jauh dari nyata. Tapi mimpi itu tidak mungkin ditiadakan. Mimpi itu sama dengan keinginan saya untuk hidup.  Jika mimpi itu sudah tiada, barangkali begitu juga dengan hidup saya. Ups.. mari bergembira. Gaudeamus igitur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s