Menunduk Kalah, Menyerah?*)

***
Stasiun Gondangdia. Di suatu siang yang terik, seorang tukang sol sepatu dengan tubuh kurus kering duduk, tunduk tertidur sambil tangan kanan menekan perutnya. Ia bukan pemalas, hanya sedikit beristirahat setelah seharian penuh berkeliling menawarkan jasa perbaikan sandal dan sepatu. Sandal yang rusak, sepatu yang jebol, bisa ia perbaiki.
Ya, bisa ia perbaiki. Tapi, siapa yang mampu memperbaiki rusaknya moral para petinggi negeri? Siapa yang mampu memperbaiki nasib rakyat ini? Jika pemimpinnya terus berkeluh kesah, wakil-wakil rakyatnya  gemar cari proyek di ‘lahan basah’, rasanya tak ada lagi ruang dan waktu untuk keluh kesah rakyatnya. Apakah mesti begini kami akhirnya: menunduk kalah, menyerah?
Ah… meski tanpa mengandalkan pemerintah, meski tanpa mengandalkan partai dan dewan perwakilan, toh kami masih bisa ngesol sepatu yang jebol. Kami masih punya harapan. Asal jangan dibenturkan dengan Satpol PP dan satuan pengamanan. Asal cukup buat kami makan, silahkan lakukan tuan-tuan punya keinginan. Persetan dengan sandiwara tuan-tuan!
——————————————–
*) Ditulis oleh seorang anak muda yang geram dengan kebobrokan dan pemandangan kemiskinan di sekitarnya. Tapi, katanya ia masih percaya negeri ini bisa sejahtera. Dan cita-cita kemerdekaan masih ada harapan untuk diwujudkan. Tekadnya, anak muda harus percaya bahwa itu bisa.  Anak muda harus terus belajar dan berkarya sambil terus memupuk keyakinan akan sebuah perubahan untuk kemajuan. Anak muda tidak boleh membiarkan rakyat terus dibuat apatis, dan hilang harapan. Anak muda harus terjun ke lorong-lorong gang, sudut-sudut pasar, pelosok-pelosok desa, jalan-jalan ibukota, dan gedung-gedung megah dengan karyanya yang tulus ikhlas bagi kemajuan bangsa.
Ia mengulangi kalimatnya beberapa kali: “Dan anak muda tidak boleh membuat diri mereka sendiri menjadi apatis dan hilang harapan.” Masih banyak peluang dan harapan.
“Anak muda tidak boleh membuat diri mereka sendiri menjadi apatis dan hilang harapan!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s