Warisan Nenek: Foto Masa Kecilku

Nenek saya, ibu dari ibu saya, telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu. Saya tidak sempat melihat dirinya pada akhir hayatnya. Baru beberapa pekan setelah kematiannya, saya dapat datang ke rumah nenek.
Di lingkungan tempat tinggalnya, nenek yang dikenal dengan sebutan Nenek Kinil terkenal sebagai orang yang baik dan senang bekerja. Ia tidak suka diam. Apapun yang baik untuk dikerjakan akan ia kerjakan. Kalau ada halaman rumah tidak rapih,  majelis tempat pengajian penuh sampah, saluran air mampet, pakaian ataupun piring kotor, ia pasti selalu membersihkannya. Dan tidak ada yang dapat menghentikan aktivitasnya, termasuk anak-anaknya yang hendak membantunya.
Ia juga tidak suka meninggalkan sholat. Saat akan sholat pun ia senantiasa memperhatikan kebersihan dirinya. Bahkan, ibu saya mengatakan ketika akan sholat nenek selalu mandi terlebih dahulu. Maklum, ia seringkali membersihkan sesuatu yang kotor. Mungkin karena itu pula nenek selalu terlihat segar dan bersih sampai akhir hayatnya.
Setelah beberapa lama sejak nenek meninggal, sepupu saya menunjukkan beberapa foto saya yang ia temukan di tempat tidur nenek. Saya sangat senang dengan warisan berupa foto-foto itu. Terutama foto-foto saya ketika kecil.
Memang tidak ada kebiasaan di keluarga saya untuk membuat dan menyimpan foto, apalagi membuat album foto. Alhasil, di atas ini merupakan foto kecil kami satu-satunya. Foto ini dibuat kira-kira diambil pada tahun 1990 ketika saya masih tinggal di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Saya tidak tahu sebegitu besarnya cinta nenek kepada kami. Dan sayangnya, saya tidak menyadari itu. Saya sangat berterima kasih kepada beliau. Semoga Allah Swt menempatkannya di tempat yang baik di sisi-Nya, amien …

2 Comments Add yours

  1. 2 anak kecil itu, bang firman sama ka odoy yah????
    mirip bangeeeettttt

    1. sacafirmansyah says:

      iyah.. makanya sering dibilang kembaran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s