Masjid-Masjid AS Gencarkan Dakwah Penyelamatan Lingkungan

***
MOSQUE Foundation di daerah Bridgeview, Illinois, sejak akhir Juli 2008 mulai memasang panel-panel surya untuk memanaskan air. Masjid ini juga telah terbiasa mendaur ulang seluruh barang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Karena aktivitasnya itu, Mosque Foundation mendapatkan Environmental Hero Award atau Penghargaan Pahlawan Lingkungan dari pemerintah setempat.
Di California Selatan, kelompok-kelompok seperti Islamic Environmental Group of Wisconsin, DC Green Muslim, dan Green Deen membantu pemerintah setempat dalam menyuarakan tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dan gaya hidup hijau kepada komunitas Muslim lainnya.
Di Virginia, All Dulles Area Muslim Society (ADAMS) Center, memberikan pendidikan lingkungan berbarengan dengan pemberian materi keagamaan. Anggota pengajian diperkenalkan cara mendaur ulang aneka sampah rumah tangga, penghematan air bersih, penghematan energi dengan penggantian bola lampu yang hemat energi, serta penanaman pohon.
Di masjid-masjid lain, para imam dan da’i memberikan khutbah dan ceramah yang mendorong para jamaah untuk melakukan penyelamatan terhadap lingkungan hidup, hemat energi, mengurangi limbah karbon, dan memakan makanan halal organik. Masjid-masjid itu juga bekerjasama dengan berbagai institusi lainnya, misalnya dengan organisasi Interfaith Power and Light, untuk mengkampanyekan perubahan gaya hidup yang ramah lingkungan.
Ya, belakangan ini gerakan penyelamatan lingkungan hidup di Amerika Serikat sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh komunitas muslim yang ada di sana melalui masjid-masjid yang menjadi pusat aktivitas mereka. Masjid dianggap efektif dalam penyebaran gaya hidup yang ramah lingkungan, terutama kepada komunitas muslim yang ada.
Gerakan seperti itu memunculkan istilah Green Mosque, Masjid Hijau. Masjid yang gedungnya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, juga senantiasa mendidik dan memberikan himbauan moral kepada jamaahnya agar dapat berperilaku ramah lingkungan.
Pimpinan Council of Islamic Organizations of Greater Chicago (CIOGC) dan ketua takmir  Mosque Foundation, Dr Zaher Sahloul, mengatakan bahwa banyak Muslim yang tahu bahwa mereka adalah khalifah di muka bumi, tapi tak banyak yang tahu tentang apa yang seharusnya dilakukan terhadap bumi ini. Karena itulah masjid sangat berperan penting untuk membimbing jamaahnya sehingga muncul kesadaran yang akan membawa perubahan bagi lingkungan yang lebih baik.
Direktur Outreach for the Dar Al Hijrah Islamic Center di Virginia, Imam Johari Abdul Malik menguatkan pernyataan itu. Ia mengatakan, upaya penyadaran perlu dilakukan oleh lembaga keagamaan sehingga masyarakat dapat memiliki perilaku yang ramah lingkungan.
Namun demikian, kebijakan publik juga diperlukan untuk melakukan sebuah perubahan yang nyata. “Tidak mungkin kita melakukan perubahan yang nyata hanya di level individu atau bekerjasama dengan institusi-institusi berbasis keagamaan lainnya. Kita harus membuat sebuah kebijakan publik dimana suara-suara kita didengar seperti suara kelompok lainnya yang tidak berbasiskan agama, yang juga menyerukan perubahan sistem,” kata Imam Abdul Malik.
Soal keterlibatan komunitas muslim di masjid-masjid, Khalid Iqbal, deputi direktur All Dulles Area Muslim Society (ADAMS) juga mengungkapkan pandangannya bahwa sudah semestinya umat Islam turut berkontribusi di dalam mengkampanyekan isu ini.
Iqbal berpandangan bahwa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan merupakan salah satu amanat Islam. Ia mengungkapkan bahwa kesadaran akan lingkungan dan alam yang lestari adalah tanggungjawab moral setiap muslim. Muslim bertanggungjawab atas kelestarian alam dan bukan hanya bergerak karena isu-isu alam dan lingkungan sedang menjadi trend dunia.
Ya, kita berharap semoga gerakan masjid hijau itu dapat berkelanjutan dan membawa manfaat yang besar. Bukan hanya menjadi ‘corong’ pemerintah Amerika Serikat dalam menggolkan program hijaunya yang paradoks dan bukan juga hanya mengikuti trend belaka. [berbagai sumber] (fms)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s