Surabi Di Stasiun Manggarai

Hujan rintik-rintik masih saja menemaniku siang itu. Tubuhku juga sudah tidak terlalu segar lagi untuk melanjutkan perjalanan. Jakarta yang banjir itu masa bodo’lah. Sudah banyak gambar yang kudapatkan pada tahun-tahun sebelumnya. Nampaknya usaha perbaikan masih sulit kalau pemerintah dan masyarakat sama-sama ‘culas’nya. Bosan juga kalau tiap tahun harus melihat kejadian yang itu-itu lagi, banjir, pengungsian, penyakit, de el el. Kalau sudah begitu, optimisme perlu kubangun kembali di dalam diriku ini.
Dari pintu air manggarai, antara pukul satu menuju pukul dua siang, saya segera ke stasiun Manggarai untuk menuju ke Gondangdia. Sebelum sampai stasiun, saya berhenti melihat jajanan Surabi hijau yang masih hangat-hangat. Mampir dulu ah, sekedar menghangatkan perut yang dari tadi sudah kedinginan.
***

Surabi Hijau khas Karawang di samping Stasiun Manggarai
***
Satu Surabi dihargai seribu rupiah. Saya beli lima buah dan dua pisang ‘hijau’ dengan bubur sumsum beserta siropnya. Total harga yang harus dibayar sepuluh ribu rupiah. Rasa Surabinya cukup enak, apalagi kalau ditambah dengan gulanya. Enak dan gurih. Demikian pula dengan pisang dan bubur sumsumnya. Di samping enak, dengan porsi itu saya juga cukup kenyang. Mungkin karena rasanya yang serba manis. Mari terus optimis… Selalu ada ruang untuk hari dan hidup baru, semangat baru.
Menurut penjualnya, Surabi yang dijualnya itu Surabi khas Karawang, gulanya kental kan nikmat. Dimasaknya masih dengan cara tradisional, inilah ciri khas Surabi yang tetap dipertahankan oleh banyak penjualnya.
***
Memasak Surabi Secara Tradisional

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s