Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Masjid: Klasifikasi Koleksi Islam

***

Depok Islamic Study Circle (DISC) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia melihat bahwa pengelolaan perpustakaan masjid yang baik penting untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan bagi umat Islam. Selama ini, DISC menilai bahwa perpustakaan masjid banyak yang tidak dikelola dengan baik. Penyelenggaraannya pun asal-asalan, “yang penting ada”. Mati segan hidup pun tak mau. Padahal, jika dikelola dengan baik, perpustakaan masjid yang dapat menampung beragam koleksi pengetahuan ilmu agama dan umum dapat membawa jamaahnya maju dan berkembang melalui pemanfaatan koleksi yang ada.
Dari pengamatan yang ada, perpustakaan masjid kebanyakan bukan dikelola oleh seorang pustakawan khusus. Orang yang diberikan tanggung jawab melakukan penyelenggaraan perpustakaan masjid jarang  yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Selain itu, orang yang ditunjuk kadang merangkap jabatan sebagai petugas kebersihan masjid, atau marbot masjid yang sering disibukkan dengan hal-hal lain. Di tempat lainnya, perpustakaan masjid dikelola oleh remaja masjid. Namun, tidak semua anggota remaja masjid dapat terus meluangkan waktunya untuk mengelola perpustakaan. Sering berganti-ganti orang dan tanpa sistem yang jelas. Karena itu, kebanyakan perpustakaan masjid tidak terkelola dengan baik.
Beberapa perpustakaan masjid di Jakarta dan Depok sudah memiliki petugas khusus yang memang ditugaskan untuk menyelenggarakan perpustakaan. Kebanyakan adalah masjid-masjid besar dan masjid-masjid di lembaga pendidikan seperti universitas atau sekolah. Masalahnya, karena tidak ada latar belakang ilmu perpustakaan petugas yang ditunjuk hanya mampu mengelola sesuai dengan pengetahuannya saja. Yang penting baginya adalah koleksi dikumpulkan dan dijajarkan di rak. Pendataan dilakukan apa adanya, yang penting ada data koleksi yang dimiliki. Beberapa dapat berjalan dengan baik, tapi tetap merasa membutuhkan pengetahuan baku mengenai pengelolaannya.
Oleh karena itu, pada Senin 25 Muharram 1431 Hijriyah atau bertepatan dengan 11 Januari 2010, DISC Masjid UI menyelenggarakan Pelatihan Klasifikasi Koleksi Islam secara gratis bagi pengurus perpustakaan masjid di daerah sekitar Jakarta dan Depok. Pelatihan ini adalah salah satu kegiatan yang dilakukan DISC dalam rangkaian acara Pekan Muharram 1431 Hijriah. Pembicara yang dihadirkan adalah Zulfikar Zen, dosen pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Zulfikar Zen juga merupakan Pengurus BPPMI (Badan Pembina  Perpustakaan Masjid  Indonesia) DKI Jakarta, (1996- kini). Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal  Pengurus Pusat Ikatan Perpustakaan Indonesia (PP-IPI) (1998-2002) (2006-2009). Sebagai moderator yaitu Firmansyah (penulis sendiri).
Sebelum masuk pada pembahasan klasifikasi koleksi Islam, pembicara menyampaikan pentingnya penyelenggaraan perpustakaan masjid yang sebaik-baiknya untuk kemajuan umat Islam. Pada masa yang lampau Islam boleh bangga terhadap apa yang dihasilkannya dalam ilmu pengetahuan. Soal perpustakaan, kita boleh berbangga dengan apa yang dibuat oleh Harun Al Rasyid dengan Baytul Hikmah-nya. Sekarang, apa yang bisa kita banggakan? Rasanya yang perlu dilakukan adalah memulai kembali pembangunan puing-puing hikmah Islam yang runtuh itu.
Pembicara juga menyampaikan pentingnya pengelolaan masjid yang komprehensif. Kebijakan pengelolaan perpustakaan tidak dapat terlepas dari pengelolaan masjid secara keseluruhan. Penting pula dibahas bagaimana kebutuhan umat Islam yang berada di lingkungan masjid. Sehingga koleksi juga dapat bermanfaat untuk mengangkat jamaah masjid dari permasalahan yang membelitnya.
Pembicaraan mengenai klasifikasi koleksi Islam sendiri lebih bersifat teknis dan melalui cara tanya-jawab terhadap apa yang dihadapi peserta di lapangan dengan pengalaman pembicara dan moderator dalam pengelolaan perpustakaan sebelumnya.

One Comment Add yours

  1. Nor Azzah says:

    Assalamualaikum.
    Saya Pustakawan dari Malaysia, juga berminat dalam topik Perpustakaan Masjid ini. Bolehkah maklumkan apa topik-topik yang dibincangkan dalam program ini? Saya sedang membuat penulisan mengenai pengurusan Perpustakaan Masjid di Malaysia. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s