Lomba Kebut Gunung, Aksi Peduli Gunung

100_69682

Jum’at malam saya baru datang ke bumi perkemahan Gunung Putri-Cipanas dengan seluruh tubuh basah setelah dua jam duduk tegang di atas sepeda motor. Sepanjang perjalanan, angin dan air menusuk kulit tangan dan wajah. Hujan dari kota Bogor ke Cianjur sepertinya merata. Dingin sudah tentu sangat menusuk tubuh.  Niat saya ternyata cukup kuat juga untuk melihat ‘adik-adik’ yang akan ikut lomba kebut gunung. Saya cukup terhibur dalam minggu ini. Saya berkumpul kembali bersama teman-teman Talam 38 yang masih aktif, semua kelas satu SMA (baca: kelas sepuluh). Ada satu orang juga yang kelas dua (baca: kelas sebelas). Semua masih lucu-lucu tapi sepertinya di dalam diri mereka benar-benar tertanam jiwa petualang yang baik.

Lomba yang diadakan oleh Vanaphrasta dengan dukungan Menpora kali ini ditujukan untuk melestarikan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari kerusakan oleh sampah para pendaki gunung dan pembukaan lahan hutan oleh masyarakat.  Hal ini terlihat dari penilaian terhadap lomba dan aksi tanam pasca lomba. Poin terbesar yang dinilai dalam lomba adalah jumlah sampah yang diangkut peserta dan ketepatan waktu. Hal ini saya anggap sebagai bentuk penanaman kedisiplinan dan nilai-nilai cinta alam (gunung yang bersih dari sampah para pendaki sendiri) pada para peserta yang hampir semuanya adalah siswa SMA.

Pasca lomba, yaitu hari minggu, bersama masyarakat petani para peserta melakukan aksi sosial dan aksi tanam di lahan perluasan TNGGP. Lahan perluasan ini dulunya adalah lahan perhutani dan lahan hutan yang dijadikan ladang oleh masyarakat. Saya sempat tersenyum, cukup bagus juga konsep lomba ini. Menitikberatkan pada penanaman cinta lingkungan dan kepedulian pada masyarakat. Ah, tapi kadang saya berpikir negatif, jangan-jangan hanya ceremonial saja. Saya harap tidak demikian. Saya yakin pasti nilai-nilai positif juga yang tersampaikan.

This slideshow requires JavaScript.

2 Comments Add yours

  1. ragil dan vhyo says:

    bang fotonya cm segitu aja?
    yg lain kmn?
    kyaknya kita banyak take photo deh :)

    @ragil dan vhyo:
    nggak semua saya posting…
    tapi ada kok yang lainnya di komputer saya.
    kapan nih jalan lagi?

  2. kopasko says:

    Salam rimba….!!!!

    Saiya nak sispala ARIMDAM Nak SMA DUA MEI CIPUTAT Nich…
    blh rQwest Kn…!!!!
    ftonya di posting lgi dunk….!!!!!!
    Msa sgtu duank She…!!!!!

    Salam Buat Smua Yupz,…!!!!!!!

    @oke deh, tapi gak dalam waktu dekat ini yah…

Leave a Reply

