Aksi Tanam Mapala Se-Jabodetabeka

Sabtu – Minggu, tanggal 2-3 Agustus 2008 kemarin, kawan-kawan Mapala Se-Jabodetabeka dan masyarakat Kampung gunung Batu melakukan aksi penanaman pohon dan penyusunan rencana bakti lingkungan di desa penyangga TNGGP yaitu di Kampung Gunung Batu, Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Bogor – Jawa Barat. Selain aksi penanaman juga ada dialog antara kawan-kawan Mapala dengan masyarakat serta pemberian buku-buku pertanian dan bacaan anak yang ke depannya diharapkan dapat berkembang menjadi pusat belajar masyarakat kampung Gunung Batu (yang hampir 70% masih belum bisa membaca).

Acara yang dilakukan itu merupakan tindak lanjut dari aksi lingkungan Mapala Se-Jabodetabeka pada tanggal 5 Juni 2008 yang membawa isu air dan udara bersih. Sebagaimana telah diketahui banyak pihak, air dan udara bersih yang tersedia di Jakarta tentunya tidak terlepas dari daerah-daerah yang mendukung/mengelili nginya, diantaranya yaitu wilayah TNGGP yang dari hutannya dapat memberikan suplai oksigen dan juga menjadi daerah tangkapan air (hulu dari beberapa sungai yang mengalir ke Jakarta dan daerah sekitarnya). Hal inilah yang menjadi satu alasan dilakukannya kegiatan tersebut di samping memperkuat jaringan dan silaturahim antara Mapala se-Jabodetabeka.

Singkat cerita, dalam kegiatan itu beberapa organisasi Mapala yang hadir telah berkomitmen untuk melakukan tindak lanjut kegiatan yang bertujuan mengembangkan masyarakat kampung Gunung Batu dan rehabilitasi lahan kritis di dalam kampung serta di wilayah TNGGP yang berbatasan langsung dengan kampung. Pengumpulan permasalahan masyarakat dan lingkungan di Kampung Gunung Batu sudah dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat itu sendiri. Sementara untuk kegiatan-kegiatan ke depan (yang diupayakan dapat mengatasi permasalahan yang ada) sedang dalam proses penyusunan bersama.

Tentunya, kegiatan-kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi hutan oleh mereka yang masih berstatus mahasiswa, yang nobetene masih dalam proses belajar, akan banyak sekali membutuhkan masukan dan saran-saran dari banyak pihak yang lebih berpengalaman. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami berharap akan ada banyak pihak yang mendukung kegiatan ini dengan berbagai caranya masing-masing sehingga dapat menambah pengalaman kami dalam proses belajar bersama yang akan membentuk ‘siapa’ diri kami ke depan. Terima kasih kami ucapkan kepada Suwardi Hagani (dan Hagani Flora-nya) yang sudah memberikan dorongan semangat serta masukan dari pengalamannya saat bergiat di Mapala serta bantuan bibit pohonnya.

“Orang yang mendatangkan bencana bagi bangsanya ialah orang yang tak pernah menyebar benih, menyusun bata, atau menenun kain, tapi menjadikan politik sebagai mata pencahariannya.” (Kata Mutiara, Kahlil Gibran)

Juru Bicara Aksi Mapala Se-Jabodetabeka, 2008

Firmansyah/M-674-UI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s