Informasi Jalur Pendakian Gunung Sumbing – Sindoro Untuk Winie

Jalur Gunung Sumbing
· Ada dua jalur yang bisa kita gunakan, yaitu Jalur Cepit (Desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung), dan Desa Garung yang lebih dekat dengan jalur ke Gunung Sumbing.
· Untuk akses ke jalur Garung, kita bisa lewat dari Magelang ke Dusun Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kali Kajar, Wonosobo, Jawa Tengah (waktu tempuh dengan minibus sekira 1,5 jam).
· Dusun Garung – Desa Butuh adalah salah satu dusun terakhir yang menjadi entry point menuju puncak Gunung Sumbing, yaitu Puncak Buntu dengan ketinggian 3371 mdpl.
· Di dusun ini terdapat Pos Pendakian Gunung Sumbing dengan ketinggian sekira 1.543 mdpl. Jika terlalu sore atau malam, para pendaki biasanya menginap di pos ini atau di tempat Kepala Desa. Para pendaki juga mengisi penuh persediaan air dari pos ini.
· Dari Pos Pendakian ada dua jalur, masih disebut jalur baru dan jalur lama. Jalur lama, walau jarak dan waktu tempuhnya lebih dekat, sekarang agak jarang digunakan karena sering terjadi longsor.
· Jalur baru dan lama ini hanya beda satu punggungan dan saling bertemu sebelum sampai di Pucak Buntu.
· Melalui jalur baru, pendaki akan melewati ladang tembakau (kawasan Boswisen) – kawasan bukit Genus (kondisi jalan: tanah liat dan tanah merah berpasir) – Sedelupak Roto (kondisi jalan: tanah liat dan tanah merah berpasir) – kawasan Pestan (jalur pertemuan antara jalur baru dan jalur lama, kondisi jalan: penuh rerumputan dan pohon-pohon kecil) – Pasar Watu (kondisi jalan: jalannya menanjak dan berbatu) – Watu Kotak (ketinggian sekira 2.700 mdpl, kondisi jalan: tanah merah dan berbatu) – Puncak Buntu.
· Waktu tempuh pada umumnya untuk mendaki bisa mencapai 8 jam perjalanan dan untuk turun bisa mencapai waktu 5 jam perjalanan. Itu semua tergantung kondisi tim dan cuaca.

Jalur Gunung Sindoro
· Entry Point ke Puncak Sindoro ada dua jalur yang saya tahu, yaitu jalur Arjosari (Desa Sikatok) yang dapat ditempuh dengan angkutan umum Temanggung-Wonosobo dilanjutkan dengan angkutan umum Wonosobo-Arjosari. Jalur lainnya adalah Desa Kledung.
· Jalur yang dekat dengan Gunung Sumbing adalah melalui Desa Kledung.
· Di jalur pendakian ini pendaki akan melewati Watu Gede, Situk, Watu Tatah, dan puncak Sindoro.
· Pendaki yang lebih memilih menghapal dengan angka biasanya akan melakukan pembagian seperti ini: Pos I (1900 mdpl) – Pos II (2120 mdpl) – Pos III (2530 mdpl) – Pos IV/Pos Bayangan (Pos Ijin – Pos IV biasa ditempuh sekira 6 jam) – Kawah Mati – Puncak Sindoro (biasa ditempuh sekira 2 jam). Ketinggian Puncak Sindoro sekira 3150 mdpl.

Rekomendasi Perjalanan:
Saya sarankan untuk melakukan perjalanan melalui jalur yang berbeda agar ada kepuasan tersendiri dalam melihat dari berbagai sisi pemandangan gunung kembar ini, rekomendasi dari saya dengan rangkaian perjalanan sebagai berikut:
* Pendakian Sindoro-Sumbing:
Jakarta => Magelang => Temanggung => Wonosobo => Pos Arjosari (Desa Sikatok) => Puncak Sindoro => Pos Desa Kledung => Pos Desa Garung => Puncak Buntu/Gunung Sumbing => Cepit, Desa Pager Gunung => Temanggung => Magelang => Jakarta.
Atau sebaliknya,
* Pendakian Sumbing-Sindoro:
Jakarta => Magelang => Temanggung => Cepit, Desa Pager Gunung => Puncak Buntu/Gunung Sumbing => Pos Desa Garung => Pos Desa Kledung => Puncak Sindoro => Pos Arjosari (Desa Sikatok) => Wonosobo => Temanggung => Magelang => Jakarta

Rekomendasi Tranportasi:
Tranportasi Jalur Desa Garung dan/atau Desa Kledung
· Jakarta – Yogyakarta (Stasiun Lempuyangan):
Kereta Api Ekonomi Progo (harga tiket kurang dari 50 ribu)
· Yogyakarta – Magelang
Bus umum sekira 1 jam (42km)
· Magelang – Wonosobo (Desa Garung dan/atau Desa Kledung)
Minibus sekira 1,5 jam
· Wonosobo – Pos Pendakian
Jalan kaki sekira 1 jam
Kalau bus dari Jakarta bisa langsung ke Magelang atau langsung juga ke Wonosobo.
Transportasi Jalur Cepit
· Jakarta – Yogyakarta (Stasiun Lempuyangan):
Kereta Api Ekonomi Progo (harga tiket kurang dari 50 ribu)
· Yogyakarta – Magelang
Bus umum sekira 1 jam (42km)
· Magelang – Temanggung (Kecamatan Parakan)
Minibus
· Kecamatan Parakan – Cepit (Desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung)
Angkutan Desa dengan jarak sekira 7 km.
Kalau bus dari Jakarta bisa ke magelang atau temanggung dilanjutkan dengan bis sewaan atau angkutan umum lain
Tranportasi Jalur Desa Sikatok, Arjosari
· Jakarta – Yogyakarta (Stasiun Lempuyangan):
Kereta Api Ekonomi Progo (harga tiket kurang dari 50 ribu)
· Yogyakarta – Magelang
Bus umum sekira 1 jam (42km)
· Magelang – Wonosobo
Minibus
· Wonosobo – Arjosari dan Arjosari – Desa Sikatok
Angkutan Desa
NB:
Jangan lupa peta dari Dinas Topografi (untuk membuat penampang melintang jalur pendakian, bahan acuan di perjalanan pendakian, dll) dan bawa juga peta Bakosurtanal untuk informasi mengenai batas Desa yang lebih terbaru (up to date). Coba konversikan keduanya. Biar jelas dan nyaman aja dengan jalur-jalur yang akan dipilih. Selamat Bersenang-senang Yah…
Kalo mau baca2 dulu cerita perjalanan calon anggota Mapala UI yang iseng-iseng buka jalur di Sindoro-Sumbing tahun ’96:
* http://www.mapalaui.info/2006/07/17/perjalan-panjang-sindoro-sumbing-1996-part-i/
* http://www.mapalaui.info/2006/07/17/perjalanan-panjang-sindoro-sumbing-1996-part-ii/
* http://www.mapalaui.info/2006/07/17/perjalanan-panjang-sindoro-sumbing-1996-part-iii/
* http://www.mapalaui.info/2006/07/17/perjalanan-panjang-sindoro-sumbing-1996-part-iv/
Tapi sayang gak ada tampilan petanya, cuma ada titik-titik koordinatnya aja yang disebutin. Yah… sukseslah perjalanannya.
About these ads

7 thoughts on “Informasi Jalur Pendakian Gunung Sumbing – Sindoro Untuk Winie

  1. om, kapan mo naik gunung lagi.
    ajak2 dunk
    diriku tak ada teman blusukan lagi nih, setelah beranjak tuwir…

    @ Kapan kau mau nak? Senang aku kau mau ikut kesenanganku…

  2. yg jelas bukan di musim hujan ini. ga tahan dingin.
    terakhir naik ke lawu tengah tahun kemaren. sendirian, tanpa bala kurawa…
    btw, kok nak. kita adu umur yuuu…

    @hehehwehehee … ampun om … kalah deh kalo ngadu umur.
    kalo bisa langsung tentuin tanggal aja biar nanti kita jalan bareng.
    tempatnya terserah aja deh… gimana?

  3. lha klo jalur klowoh wonosobo ntu masuk-nya mna???
    lweat situ kan juga bisa….

    @ betul, mungkin bisa… tapi saya belum pernah lewat sana. mungkin kamu bisa tuliskan juga di blog kamu. tks

  4. om,,,untuk yang baru pertama ngrasain pendakian gunung dlm hdupny,sumbing cocok g buat kami atau ada saran lain selain sumbing.
    thanx’s om

    • Tentunya perhatikan jaraknya dulu, kalo memang daerah kamu dekat dengan Sindoro-Sumbing, maka yang terbaik memang mendaki gunung ini. Apalagi kalau ada pendamping/teman dari penduduk setempat yang mengerti secara baik tempat ini, bagaimana mendaki dan menikmati keindahannya secara aman..

      Tapi kalau kamu dari Jakarta dan sekitarnya, saya sarankan mendaki Gunung Gede-Pangrango. Pemandangannya cukup indah dengan ragam variasi pemandangan yang dapat dilihat di jalur-jalur yang dilalui: ada air terjun, tebing air panas, alun-alun yang dipenuhi edelweiss, kawah, dll. Keanekaragaman hayatinya juga cukup menarik untuk diperhatikan. Namun, prosedur pendakiannya lebih ketat dibanding dengan Sindoro-Sumbing.

      Hal ini karena Gunung Gede-Pangrango merupakan salah satu Taman Nasional yang perlu dilindungi kelestariannya, termasuk dari pendaki yang tidak ramah terhadap kelestarian Taman Nasional tempat bermainnya. Biaya administrasi yang perlu dikeluarkan juga cukup tinggi, karena harus membayar guide yang akan menemani pendakian anda. Jika uang tidak jadi masalah buat anda, tentu biaya itu cukup terbayarkan dengan pengalaman pendakian anda.

      Kalo dari pengalaman saya dan teman-teman lainnya, mendaki dimanapun adalah kesan pertama yang takkan terlupakan. Entah di gunung manapun, pastinya selalu ada kesan dan pengalaman yang berbeda-beda. Yang penting, perhatikan keamanan dan teman seperjalanan anda. Anda akan mendapat kesan dan pengalaman menarik selama anda tetap hidup setelah perjalanan itu. Dan teman seperjalanan anda adalah orang yang akan selalu bersaksi atas perjalanan anda, dimana anda saling memberi, dalam kegembiraan dan kesusahan.

      Selamat mendaki!

  5. ada 1 lagi jalur baru pendakian gunung Sumbing melalui sisi barat…untuk yang pengen tantangan baru gunung sumbing..silahkan mencoba jalur baru gunung sumbing…melalui jalur bowongso….jalur lebih wenak juga lho..tapi menantang….selamat mencoba…
    Dari Pasar Kertek ikut angkutan kertek- bowongso…langsung bisa muncak deh…
    untuk yang butuh pemandu juga silahkan hubungi kami….tx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s