Taman Nasional Berbak

Dasar Penunjukan :
Keputusan Menteri Kehutanan
Nomor : 285/Kpts-II/1997
Tanggal 26 Pebruari 1997
Luas :  ± 162.700 Ha.
Letak :
Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung
Jabung Timur dan Kabupaten Muara
Jambi, Kecamatan Sadu dan
Kecamatan Kumpeh Ilir.
Koordinat :
104º 05′ – 104º 26′ BT dan
01º 08′ – 01º 43′ LS
***
Taman Nasional Berbak merupakan kawasan konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera.
Taman Nasional Berbak tidak saja dilindungi secara nasional, tetapi juga secara internasional yaitu dengan ditetapkan sebagai Lahan Basah Internasional dalam Konvensi RAMSAR pada tahun 1992.
.
Sejarah Kawasan
  • Tahun 1935, pemerintah Belanda menunjuk suaka margasatwa di Jambi seluas ± 190.000 ha.
  • Tahun 1991, Suaka Margasatwa Berbak disyahkan sebagai habitat lahan basah seluas ± 163.000 ha.
  • Tahun 1992, Suaka Margasatwa Berbak dirubah fungsinya menjadi Taman Nasional Berbak dengan luas ± 162.700 ha.
***
FISIK
Geologi dan Tanah
Formasi geologi Taman Nasional Berbak termasuk formasi deposit alluvial. Jenis tanah organosol (gambut) yang tergenang sepanjang tahun, bersifat masam sehingga merupakan kendala besar bagi penggunaan lahan untuk kegiatan pertanian.
.
Topografi
Topografi datar sampai agak landai.
.
Ketinggian
ketinggian antara 0 -12,5 m di atas permukaan laut.
.
Iklim
Curah hujan rata-rata 2.300 mm per tahun atau rata-rata lebih dari 200 mm per bulan dalam 5-6 bulan dan kurang dari 2 bulan rata-rata curah hujannya 100 mm per bulan.
Temperatur udara 25º – 28º C.
***
BIOTIK
Taman Nasional Berbak memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi. Tumbuhannya telah tercatat sebanyak 261 jenis (73 famili), diantaranya 23 jenis palem dan 10 jenis pandan. Faunanya, telah tercatat 28 jenis mamalia, 224 jenis burung, 44 jenis reptilia dan 35 jenis ikan.
.
Flora
Jenis tumbuhan yang ada di TN Berbak antara lain meranti ( Shorea  sp.), dan berbagai macam jenis palem. Taman Nasional Berbak memiliki paling banyak jenis palem tanaman hias di Indonesia. Jenis palem tanaman hias yang tergolong langka antara lain jenis daun payung ( Johanesteijmannia altifrons ) serta jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii ( Lorantaceae ) yang berbunga besar berwarna merah ungu.
.
Fauna
Mamalia; Kawasan Berbak merupakan habitat badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau Sumatera (Panthera  tigris sumatrae), tapir ( Tapirus indicus ), dan kancil ( Tragulus javanicus  ).
Burung; kurang lebih terdapat 300 jenis burung diantaranya kuntul cina ( Egretta eulophotes ), bangau tong-tong ( Leptoptilos javanicus ), raja udang-merah api ( Ceyx erithacus erithacus ), dan bebek hutan bersayap putih ( Cairina scutulata ). Ratusan bahkan ribuan burung migran dapat dilihat di taman nasional ini.
Reptil ;  Ditemukan juga kura-kura gading ( Orlitia borneensis ), dan tuntong ( Batagur baska ).
***
WISATA
Lokasi-lokasi yang mempunyai potensi wisata :
  • Air Hitam dalam : Wisatawan dapat bermalam di pondok-pondok yang ada. Pada pagi atau sore hari dapat dilakukan beberapa kegiatan diantaranya berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri Sungai Air Hitam Dalam (sambil melihat-lihat satwa yang ada dikiri dan kanan sungai), memancing pada tempat yang telah disediakan (shelter/dermaga), dan melihat-lihat arboretum yaitu tempat koleksi aneka jenis tumbuhan yang ada di TN Berbak yang sengaja ditanam.
  • Air Hitam Laut : Wisatawan dapat bermalam dipondok yang telah disedia-kan. Pada pagi atau sore hari dapat berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri sungai air hitam laut, memancing pada tem- pat- tempat yang telah disediakan, dan melihat-lihat arboretum.
  • Sei Cemara : Merupakan pantai tempat burung-burung mencari makan. Di lokasi ini telah disediakan pondok pengamatan burung yang dilengkapi dengan teropong/binokuler serta buku referensi mengenai burung-burung pantai.
Musim kunjungan terbaik ; bulan Maret sampai November.
Fasilitas yang tersedia antara lain pondok kerja/jaga, dermaga, jalan trail/patroli, home stay, dan lain-lain.
.
Cara pencapaian lokasi :
  • Air Hitam Dalam.  Dapat ditempuh dari Jambi menuju Suak Kandis dengan jalan darat (1.5 jam), dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju Air Hitam Dalam (1/2 jam), bisa juga dari Jambi menggunakan Speed Boat menuju Air Hitam Dalam (2.5 jam).
  • Air Hitam Laut. Menggunakan jalan darat dari jambi ke Suak Kandis (1.5 jam). Dilanjutkan dengan speed boat  menyusuri sungai Batanghari menuju ke Nipah panjang (1.5 jam). Dari Nipah Panjang melalui laut menggunakan speed boat (khusus untuk dilaut) menuju Air Hitam Laut (2 jam).
  • Sie Cemara. Dari Air Hitam Laut menggunakan jalan darat (sepeda motor) menuju Sie Cemara (1 jam).
***
PENGELOLAAN
Sejak tahun 1997 Taman Nasinal berbak dikelola oleh Balai Taman Nasional Berbak sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan konservasi Alam, Departemen Kehutanan
.
Alamat Pengelola
Kantor Balai Taman Nasional Berbak
Jl. Prof. Dr. Sri Sudewi M. Sofyan No. 4 JAMBI
Telp. (0741) 667983
.
Sumber Tulisan:
Pusat Konservasi Alam Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan Republik Indonesia. 50 Taman Nasional Indonesia. Bogor: 2006
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s